Monday, 28 January 2013

PENGEMBANGAN PARIWISATA KABUPATEN JEPARA


Jepara…ya sebuah kabupaten yang berada di utara Pulau Jawa dan termasuk dalam provinsi Jawa Tengah. Jepara yang sering dikenal sebagai kota ukir dan tempat lahirnya pahlawan emansipasi wanita R.A. Kartini ini mempunyai garis pantai sepanjang 72 km termasuk gugusan kepulauan Karimunjawa. Kondisi geografis wilayah pesisir di Kabupaten Jepara dengan pantai pasir putih berbatu memiliki nilai ekonomi dan  banyak berkembang menjadi kawasan wisata. Aktivitas masyarakat Jepara sendiri yang sangat padat, ditunjang dengan tingkat perekonomiannya yang semakin tinggi, menyebabkan berwisata bukan merupakan kebutuhan tersier tetapi sudah menjadi kebutuhan setiap masyarakat. Hal ini mempengaruhi jumlah pengunjung tempat – tempat wisata di Kabupaten Jepara yang semakin bertambah tiap tahunnya. Perkembangan sektor pariwisata ini tentu sangat menguntungkan bagi perekonomian masyarakat setempat, terlebih lagi semakin menambah devisa negara karena perkembangan pariwisata yang sangat pesat di Kabupaten Jepara.
            Jepara mempunyai wilayah pesisir dan kepulauan yang berpotensi untuk dijadikan kegiatan pariwisata dan menjadikannya sebagai sektor andalan untuk menunjang perekonomian masyarakat dan pendapatan daerah (sektor ekonomi basis). Beberapa wilayah di Jepara yang dikembangkan sebagai kawasan wisata adalah Pantai Kartini di Kelurahan Bulu, Pulau Panjang di Kelurahan Ujungbatu,  Benteng Portugis di Ujung Watu, Pantai Tirto Samudro di Desa Bandengan, dan  Taman Wisata Nasional  Karimunjawa. Berikut ini adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan potensi kepariwisataan di Kabupaten Jepara :

1.    Transportasi
Hal yang paling mendasar adalah akses menuju tempat wisata tersebut. Pengembangan sistem pelayanan pariwisata yang bisa dilakukan dalam aspek transportasi adalah kelancaran lalu lintas pada akses menuju tempat wisata. Untuk itu perlu adanya perencanaan sistem transportasi yang ada dan meminimalisir kemungkinan permasalahan transportasi yang mungkin timbul akibat adannya lonjakan intensita pengunjung. Selain akomodasi dan pelayanan jasa, transportasi merupakan salah satu unsur utama dalam mengembangakan industri pariwisata mengingat transportasi merupakan roda penggerak pariwisata yang menghubungkan satu tempat ke tempat lain.

2.    Perbaikan Terhadap Sarana dan Prasarana Tempat Wisata
Sarana dan Prasarana yang menjadikan perhatian utama dalam pengembangan tempat wisata adalah jalan, fasilitas, tempat wisata seperti tersedianya lahan parkir pada setiap tempat wisata. Ketersediaan air bersih apabila obyek wisata berupa pantai, tempat sampah yang tersedia sehingga meminimalisir sampah yang dapat mengkotori obyek wisata yang ada. Selain perbaikan – perbaikan, perlu juga dilakukan perawatan pada sarana dan prasarana yang telah ada sehingga menjaga utilitasnya kepada pengunjung.

3.    Pemberian Iklan Untuk Meningkatkan Daya Tarik Pengunjung
Upaya pengenalan tempat wisata ke masyarakat luas merupakan hal yang vital dan wajib untuk dilakukan. Banyar cara yang bisa digunakn untuk mengiklankan tempat tersebut sehingga banyak pelancong yang tertarik untuk mendatangi tempat tersebut.

Tetapi untuk mengembangkan suatu daerah wisata perlu dilakukan identifikasi masalah yang ada dan menentukan perumusan tindakan serta strategi yang sesuai untuk kawasan tersebut. Berikut adalah beberapa tantangan dan strategi yang diperlukan dalam pengembangan industri pariwisata di Kabupaten Jepara.

No.
Tantangan
Strategi
1.

2.



3.


4.


5.

6.
Sumber Daya Manusia di Kota Jepara yang masih kurang.
Kurangnya perhatian dari Government(pemerintah) Khususnya pemerintah daerah Jepara.
Kurangnya kesadaran Masyarakat untuk mengembangkan potensi daerah pariwisata.
Banyaknya dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan sektor pariwisata di Jepara.
Kurangnya sarana dan prasarana yang memadai.
Sistem Transportasi yang buruk
Peningkatan SDM di daerah Jepara.

Penyuluhan terhadap masyarakat di daerah Jepara.


Membangun dan meningkatkan sarana dan prasarana obyek wisata.


Mencari investor asing atau dalam negeri.


Pembenahan sistem transportasi di daerah Jepara.

No comments:

Post a Comment